Seleksi KN MIPA FKIP Untad Secara Daring, Server LMS FKIP Diserang Hacker !

Palu – Kegiatan seleksi Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako telah selesai digelar, tinggal menunggu pengumuman mahasiswa yang lulus dan akan dibimbing untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya di tingkat Universitas.

Berbeda dengan seleksi ditahun-tahun sebelumnya, seleksi kali ini dilakukan secara daring. Mahasiswa akan mengerjakan soal melalui Learning Management System (LMS) FKIP Untad, sedangkan pengawas akan memantau melalui aplikasi video conference Zoom.

Sempat terkendala, server tempat LMS FKIP bernaung sempat diserang hacker sehingga membuat kegiatan seleksi yang seharusnya dilaksanakan pukul 10 pagi harus tertunda. Namun untung saja pihak TIK FKIP bergerak cepat menangani hal ini sehingga bisa cepat teratasi.

“Kaget juga tadi karena situs LMS FKIP itu tiba-tiba tidak bisa diakses. Setelah saya cek ternyata kena hack. Makanya tadi saya langsung coba atasi alhamdulillah bisa selesai dengan cepat” ujar Ketua Divisi Unit TIK FKIP Muh. Syarif, S.Pd., M.Pd

Kegiatan yang sempat tertunda akhirnya bisa kembali dilaksanakan pukul 13:00 WITA menggunakan LMS yang sebelumnya diserang hacker. Menurut Pak Syarif, layanan server yang digunakan Untad adalah layanan server yang berkualitas seingga mengundang para hacker untuk mengambil alih dan digunakan untuk kepentingan mereka.

“Kita itu pakai server yang berkualitas, makanya itu mereka mau hack untuk diambil alih. Untung tadi cepat diatasi, walaupun tidak disangka juga akan secepat ini” tambah Syarif.

Kegiatan ujian berjalan dengan lancar, ujian dilaksanakan selama 2 jam hingga pukul 15:30 WITA. Mahasiswa dibagi menjadi 8 room virtual yang masing-masing room diawasi oleh 1 orang pengawas.

Penulis

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

Permohonan Surat Tugas

Per tanggal 4 Januari 2023 Surat Tugas akan dikirimkan ke email mahasiswa dengan ketentuan:
1. Permohonan surat yang dikirim sebelum jam 12 maka surat tugasnya akan dikirimkan jam 14.
2. Permohonan yang dikirimkan lewat dari jam 12 akan dikirimkan keesokan harinya bersamaan dengan yang bermohon dihari esok pada jam 14.
3. Surat tidak dilengkapi nomor surat, sehingga mohon untuk mengambil nomor surat di tata usaha.
 
Aturan ini terpaksa kami berlakukan karena adanya beberapa kebijakan.
Segera, aturan akan kembali seperti semula.
 
Mohon dibaca dengan baik instruksi dibagian atas formulir permohonan sebelum mulai mengisinya.
 
Pilih pada kotak dibawah sesuai prodi anda, kemudian pilih surat tugas apa yang ingin anda buat.

Penyetoran Berkas

Form ini hanya untuk mahasiswa yang telah selesai seminar atau ujian. Bagi mahasiswa yang ingin bermohon surat tugas, kunjungi halaman permohonan surat tugas ini.

 

Bagi yang ingin menandatangani halaman persetujuan skripsi wajib cek ke operator jurusan secara langsung (tidak melalui wa/email/online lainnya) terlebih dahulu sebelum menandatangani halaman persetujuannya.

 

Bagi mahasiswa yang ingin penyebaran, kunjungi halaman ini.

Penyebaran Skripsi

Halaman ini khusus bagi mahasiswa yang akan penyebaran skripsi.
 
Bagi mahasiswa yang baru selesai ujian dan ingin menandatangani “Halaman Persetujuan Pembimbing” kunjungi halaman penyetoran berkas ini.
 
Wajib cek ke operator jurusan secara langsung (tidak melalui wa/email/online lainnya) sebelum menandatangani lembar penyebaran skripsi.