Workshop “Akreditasi Program Studi Menuju Unggul” pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Palu – 19/02/2020. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengadakan Workshop “Akreditasi Program Studi Menuju Unggul” pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako yang dihadiri oleh ketua-ketua jurusan FKIP, koordinator- koordinator program studi, dosen-dosen Program Studi Pendidikan Fisika, dan dosen-dosen Program Studi Pendidikan Kimia. Kegiatan ini dibuka oleh dekan FKIP Dr. H. Anshari Syafar, M.Si., beliau berharap kedua Program Studi memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya untuk penyempurnaan borang akreditasi Program Studi.

“Sebelumnya dua Program Studi ini telah mengirimkan dokumen borang akreditasi pada tahun 2019 tetapi karena tahun tersebut penilaian tertunda, maka di tahun 2020 ini BAN-PT meminta untuk menambah lagi dokumen borangnya untuk penilaian tahun 2020. Momen ini dimanfaatkan oleh FKIP untuk mengadakan workshop pendampingan penyusunan borang oleh salah satu asesor BAN-PT Prof. Dr. Ir. Mursalim” ujar Ketua Jurusan P.MIPA Purnama Ningsih, S.Pd, M.Si, Ph.D.

Prof. Dr. Ir. Mursalim yang juga merupakan ketua dewan professor Universitas Hasanuddin Makassar menyatakan bahwa borang akreditasi program studi bukanlah teori, melainkan deskripsi dan bukti-bukti keadaan program studi dan kegiatan yang telah dilakukan terkait tujuh standar dalam borang Program Studi.

Borang program studi ini umumnya mendeskripsikan tujuh standar yang telah ditetapkan oleh BAN-PT yaitu Standar 1 visi, misi sasaran, serta strategi pencapaian; Standar 2 tata pamong, kepemimpinan, system pengelelolaan, dan penjaminan mutu program studi; Standar 3 kemahasiswaan dan lulusan; Standar 4 sumber daya manusia; Standar 5 kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; Standar 6 pembiayaan, sarana, prasarana, dan sistem informasi; Standar 7 serta penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama. Selain itu, Prof. Mursalim juga menyinggung soal Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dengan 9 kriteria yang merupakan versi baru dari borang tujuh standar. Nantinya borang akreditasi akan menggunakan 9 kriteria tersebut.

Penulis

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

Permohonan Surat Tugas

Per tanggal 4 Januari 2023 Surat Tugas akan dikirimkan ke email mahasiswa dengan ketentuan:
1. Permohonan surat yang dikirim sebelum jam 12 maka surat tugasnya akan dikirimkan jam 14.
2. Permohonan yang dikirimkan lewat dari jam 12 akan dikirimkan keesokan harinya bersamaan dengan yang bermohon dihari esok pada jam 14.
3. Surat tidak dilengkapi nomor surat, sehingga mohon untuk mengambil nomor surat di tata usaha.
 
Aturan ini terpaksa kami berlakukan karena adanya beberapa kebijakan.
Segera, aturan akan kembali seperti semula.
 
Mohon dibaca dengan baik instruksi dibagian atas formulir permohonan sebelum mulai mengisinya.
 
Pilih pada kotak dibawah sesuai prodi anda, kemudian pilih surat tugas apa yang ingin anda buat.

Penyetoran Berkas

Form ini hanya untuk mahasiswa yang telah selesai seminar atau ujian. Bagi mahasiswa yang ingin bermohon surat tugas, kunjungi halaman permohonan surat tugas ini.

 

Bagi yang ingin menandatangani halaman persetujuan skripsi wajib cek ke operator jurusan secara langsung (tidak melalui wa/email/online lainnya) terlebih dahulu sebelum menandatangani halaman persetujuannya.

 

Bagi mahasiswa yang ingin penyebaran, kunjungi halaman ini.

Penyebaran Skripsi

Halaman ini khusus bagi mahasiswa yang akan penyebaran skripsi.
 
Bagi mahasiswa yang baru selesai ujian dan ingin menandatangani “Halaman Persetujuan Pembimbing” kunjungi halaman penyetoran berkas ini.
 
Wajib cek ke operator jurusan secara langsung (tidak melalui wa/email/online lainnya) sebelum menandatangani lembar penyebaran skripsi.